http://arab-index.net/wp-content/uploads/2017/05/GettyImages-678715920.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Manchester United lolos ke partai final Liga Europa 2016-2017 berkat keunggulan 2-1 secara agregat atas Celta Vigo. Pada leg 2 semifinal, Setan Merah dipaksa bermain imbang 1-1 oleh wakil Spanyol itu di Stadion Old Trafford, Kamis (11/5/2017).

Pada partai final yang berlangsung pada 24 Mei di Friends Arena, Solna, Man United akan bertemu Ajax Amsterdam. Wakil Belanda ini lolos dengan agregat 5-4 meskipun kalah 1-3 pada leg kedua di markas Lyon.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Man United justru lebih banyak berada di bawah tekanan sejak awal pertandingan. Celta Vigo mampu menguasai 67 persen penguasaan bola.

Kondisi tersebut juga membuat tim tamu mampu melepaskan peluang lebih banyak ketimbang Man United. Celta mampu memiliki 16 tembahan yang enam di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Setan Merah hanya memiliki 11 dengan empat shots on target.

Meski demikian, Man United mampu mengatasi tekanan lawan dan mencuri satu gol pada menit ke-17. Umpan silang Marcus Rashford sukses disambut tandukan akurat oleh Marouane Fellaini yang tak mampu diantisipasi kiper Celta, Sergio Alvarez.

Tertinggal 0-1 atau 0-2 secara agregat membuat Celta Vigo semakin meningkatkan intensitas serangan. Beberapa kali Os Celestes membahayakan gawang Man United melalui aksi Pione Sisto, Iago Aspas, dan John Guidetti.

BACA JUGA :Mourinho: Laga Kontra Celta Vigo Terpenting bagi Man United

Setelah beberapa kali ditekan, gawang Man United akhirnya jebol juga jelang laga berakhir. Umpan Theo Bongonda dari sisi kiri pertahanan Seran Merah berhasil disambut bek Facundo Roncaglia untuk menaklukkan kiper Sergio Romero.

Sesaat setelah kedudukan imbang 1-1, terjadi keributan di tengah pertandingan. Aksi dorong antara pemain Man United dan Celta Vigo pun terjadi. Wasit Ovidiu Hategan yang memimpin laga pun bertindak.

Akibat insiden tersebut, Hategan mengeluarkan dua kartu merah langsung kepada pemain yang baru saja mencetak gol, Roncaglia, dan bek Man United, Eric Bailly.

Jelang akhir pertandingan, Celta hampir saja mencetak gol tambahan yang bisa mengantarkan mereka lolos ke final melalui Guidetti. Namun, eks striker Manchester City itu gagal menerima bola dengan sempurna di depan gawang dan berhasil diamankan pertahanan Man United.

Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga akhir laga yang membuat Man United berhak melaju ke partai final Liga Europa dengan keunggulan skor agregat 2-1.

Keberhasilan ini merupakan kali pertama Man United tampil di final Liga Europa atau yang dulu dikenal sebagai Piala UEFA. Setan Merah menjadi tim asal Inggris kesembilan yang sukses tampil di partai puncak turnamen kasta kedua antar klub Eropa itu.

Dari pertandingan lain, Ajax menyerah 1-3 di kandang Lyon. Kasper Dolberg sempat membuat Ajax memimpin pada menit ke-27 tetapi tuan rumah membalasnya dengan dua gol cepat pada menit ke-45 melalui Alexandre Lacazette.

Pada menit ke-81, Rachid Ghezzal membuat Lyon unggul 3-1 sekaligus menghidupkan harapan untuk lolos ke final. Sayang, satu gol tambahan tak kunjung diraih meskipun Ajax bermain dengan 10 orang sejak menit ke-84 setelah Nick Viergever diusir keluar.