http://arab-index.net/wp-content/uploads/2017/08/img.kooora.com_.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Mantan pemain TImnas Prancis, Claude Makelele punya opini dibalik kesuksesan Zinedine Zidane di Real Madrid. Makelele menyebut Madrid bersinar bersama Zidane karena sang pelatih mampu menguasai seluruh pemainnya tanpa terkecuali.

Zidane sendiri sudah kurang lebih dua tahun menjadi manajer Real Madrid. Ia ditunjuk menggantikan Rafael Benitez pada awal tahun 2016 silam.

Sejauh ini Zidane bisa dikatakan meraih sukses besar di Madrid. Ia berhasil mempersembahkan 2 trofi liga Champions dan 1 trofi La Liga selama ia menjabat sebagai manajer Los Blancos.

Kesuksesan Zidane di Madrid diklaim Makelele karena kemampuannya membuat para pemainnya paham akan taktiknya. “Dia [Zidane] memahami sepakbola dan ia memahami pemainnya. Ia meletakan dirinya dalam level yang sama dengan para pemain nya,” buka Makelele kepada Goal International.
BACA JUGA : Ivan Rakitic Berminat Bela Liverpool
“Dia mengatakan kepada para pemainnya bahwa ‘Saya tidak bsia mengajarkan kalian untuk menjadi seperti saya’. Namun ia memberitahukan apa-apa saja yang harus dilakukan pemainnya dalam taktik yang ingin ia mainkan dan tentu saja para pemainnya memahami itu dengan baik.”

“Dia juga memberikan Ronaldo kebebasan untuk bermain. Dia bilang kepadanya bahwa Dia [Ronaldo] memiliki kualitas yang bagus. Secara taktik Zidane sudah membereskan banyak hal. Para pemain memberikan segalanya untuknya dan mereka tidak memikirkan diri mereka sendiri.” tutup mantan pemain Chelsea tersebut.