http://arab-index.net/wp-content/uploads/2017/10/RobertoDonadoniParmaFCvACFFiorentinaDl1UaFv-AOIl.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Semasa masih aktif menjadi pemain, nama Roberto Donadoni bukan sosok yang biasa saja bagi AC Milan. Bisa dibilang, Donadoni adalah salah satu legenda besar dalam sejarah panjang Milan.

Donadoni bermain untuk Milan pada tahun 1986 hingga 1996. Selama 10 tahu, ia mencatatkan 261 penampilan di Serie A dan mencetak 18 gol. Sempat satu musim bermain untuk MetroStars, Donadoni kembali bermain untuk Milan pada tahun 1997 hingga 1999.

12 tahun berkarir di Milan, Donadoni memberikan enam gelar Serie A, tiga gelar di Liga Champions dan beberapa gelar lain.

Donadoni sejak tahun 2001 menjadi pelatih. Namun, tidak sekalipun ia pernah mendapatkan tawaran untuk melatih Milan. Seolah apa yang pernah diberikan saat masih aktif sebagai pemain tidak membekas.
BACA JUGA : Lukaku Yang Sekarang Belum Selevel Drogba
“Mengapa Milan tidak pernah menganggap saya? Sepertinya Milan tidak pernah merasa bahwa saya berada di level permainan mereka atau menganggap pelatih lain lebih baik dari saya,” ucap Donadoni kepada Gazzetta.

Semasa jadi pelatih, capaian monumental Donadoni adalah saat ditunjuk sebagai pelatih timnas Italia pada tahun 2016 hingga 2008. Selebihnya, ia hanya melatih tim-tim papan tengah Italia, atau bisa dibilang juga tim medioker.

Beberapa tim yang pernah dilatih oleh juru taktik berusia 54 tahun yakni: Lecce, Livorno, Genoa, Cagliari, Parma dan kini melatih Bologna. Donadoni pernah melatih Napoli, tapi hanya satu tahun pada 2009.

“Mengapa saya belum mendapat kesempatan melatih klub besar? Jangan ajukan sebuah pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Saya menghindari hal-hal yang membuang energi,” tutup Donadoni.