http://arab-index.net/wp-content/uploads/2018/12/gennaro-gattuso.jpg

BERITA BOLA ONLINE – Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, cukup akrab dengan kritikan dalam beberapa pekan terakhir ini. Tetapi, statistik menunjukkan bahwa torehannya pada tahun 2018 menyamai dengan apa yang juga diraih rival sekotanya, Inter Milan.

Seperti yang diketahui, Gattuso menjabat sebagai pelatih Rossoneri pada akhir 17 tahun lalu untuk menggantikan Vincenzo Montella. Harapan sempat meninggi lantaran Milan meraih berbagai hasil positif pada saat itu.

Harapan yang sama juga disematkan pada punggungnya di musim ini, apalagi setelah tim berhasil menghadirkan Gonzalo Higuain. Eks penyerang Juventus itu dianggap bisa menuntaskan permasalahan kemarau gol yang dialami Rossoneri pada musim kemarin.

Performa Milan sempat terlihat meyakinkan pada awal musim ini, di mana mereka hanya mencatatkan dua kekalahan dari 10 laga Serie Apertamanya. Mereka juga sempat menempati posisi empat klasemen, sesuai target yang ditetapkan oleh sang direktur, Leonardo.

Sayangnya, performa mereka menunjukkan penurunan drastis, bahkan gagal melaju lebih jauh di ajang Liga Europa. Di Serie A sendiri, Rossoneri gagal mencetak satu gol sama sekali dari tiga pertandingan terakhir yang mereka mainkan.

BACA JUGA : Liverpool Ancang-ancang untuk Rekrut Hazard

Posisi Gattuso dikabarkan tidak aman, dan diyakini bakal didepak jika kalah saat menghadapi SPAL hari Minggu (30/12) kemarin. Untung, Higuain dkk berhasil meraih kemenangan 2-1 meski harus bermain dengan 10 orang lantaran Suso mendapatkan kartu merah.

Kemenangan atas SPAL tidak hanya membuat Milan sukses memangkas jarak dengan sang penghuni peringkat empat, Lazio. Tetapi, hasil itu juga membuka sebuah fakta apik baru di tengah serangkaian hasil buruk yang mereka torehkan belakangan ini.

Football Italia mengungkapkan bahwa Milan berhasil meraih 70 poin dalam kurun waktu 12 bulan terakhir di Serie A. Torehan tersebut bahkan melebihi koleksi poin Milan pada tahun-tahun lainnya, terhitung sejak tahun 2012 lalu.

Perolehan tersebut menyamai catatan rival sekotanya, Inter Milan. Sebagai perbandingan, Nerazzurri sukses finisi di empat besar Serie A musim lalu dan menghabiskan lebih banyak uang dari Milan pada bursa transfer musim panas kemarin.

Hanya Juventus dan Napoli yang mampu meraih poin lebih banyak ketimbang sang juara tujuh kali Liga Champions tersebut. Dan sejak diasuh Gattuso, Milan berahasil mengoleksi 20 kemenangan di Serie A, 15 hasil imbang, dan baru kalah delapan kali.